in Blog, Sales

Menawarkan produk dalam waktu singkat ?

Bingung bagaimana agar bisa menawarkan produk kepada orang yang ga kita kenal tapi dalam waktu singkat saja, alhasil coba untuk bertanya kepada Kakak Ipar seorang sahabat yang bernama Agung Fauzan, yang sekarang bekerja menjadi Sales Executive Toyota.

Simak percakapan berikut :

Ridho Yuriansyah Putra:
Assalammualaikum ka agung, ajarin cara nawarin produk dong, tapi dlm wktu singkat

Agung fauzan:
Pelajari secara menyeluruh produknya dan kuasai + pelajari produk pesaing dan jangan jelek2i produk pesaing.

Ridho Yuriansyah Putra:
Hmm, brarti klo ad produk psaing, trus ad klbihan produk kita, bisa kita unggulin disitu ya sbagai compare?

Agung fauzan:
Liat karakter si calon pembeli kalaulah dia itu memang teliti dan suka membandingkan..baru kita kupas satupersatu produk kita dan pesaing., jelaskan secara fair dan masuk akal kelebihan dan kekurangan produk kita dan pesaing. Nah dari situ kita bisa jelaskan apa yang dia butuhkan.

Ridho Yuriansyah Putra:
Owh iya juga ya.. Hrus tau orangnya, trus Hrus rational dlm compare, 😀

Agung fauzan:
Iya dong..kalau produk kita lemah dalam 1 point ya ceritakan tapi dikemas bahasanya jangan blak2an.. misal ford amrik ama toyota jepang, saat toyota ada kelemahan bilang aja : “namanya juga negara adikuasa ford amerika lebih maju sedikit dalam hal ini”.

Ridho Yuriansyah Putra:
Nah, alrite.. i see i see, berarti kita ga hrus slalu tinggi dlm mnawarkan barang ya, harus critakan klo ada kelemahan di produk secara kulit luar aja.

Agung fauzan:
Iya.. konsumen sekarang sudah cukup cerdas, kalau kita jelek2in pesaing mereka malahan melihat kita aneh. Yang penting saat awal kita bisa ambil hatinya si calon pembeli dengan pujian kemungkinan besar saat dia ada kemampuan dan butuh pasti beli اِ نْ شَآ اَللّهُ

Ridho Yuriansyah Putra:
Hmm i see, wah harus di note nih smua kata2 ka agung biar ga lupa 🙂

Agung fauzan:
Penampilan juga pengaruh dho, ada perkataan seorang ahli psikolog amerika kak agung lupa namanya : ” Penilaian seseorang nampak dari 7 detik pertama bertemu ”

Ridho Yuriansyah Putra:
Iya, makanya itu ntar beberapa bulan lagi, kantor ku wajib pake jas, dan sehari2 pke kemeja berdasi bukan batik lagi 😀

Agung fauzan:
Manteb(y)

Ridho Yuriansyah Putra:
Hihi, untung ada mastahnya jd bsa blajar 😀

Yah kira-kira seperti itu cara kita menawarkan produk, jadi jangan selalu meninggikan produk kita, harus compare dengan produk lain, dan harus rasional biar di bilang enggak mengada ada.. Intinya kita harus mengerti produk kita itu seperti apa secara menyeluruh, jadi dengan ilmu yang kita punya tsb tentang produk yang ingin kita tawarkan, secara otomatis kita juga bisa berkreasi dengan bahasa kita untuk bisa menawarkan produk secara singkat, padat dan jelas kepada konsumen, seiring bertambahnya jam terbang di bidang penawaran produk, lama2 kita juga bisa terbiasa cepat dalam berkomunikasi dengan tepat..

Oke sekian, Assalammualaikum wr wb.
🙂